Halaman

Senin, 10 September 2012

Contoh Tugas Mandiri


Deskripsi Wilayah
Pengamatan dilakukan secara tidak langsung di daerah Medan-1. Medan-1 merupakan salah satu daerah yang berada di kecamatan Cluwak-Pati. Secara geografis letak desa ini berada di daerah pegunungan. Sebagai daerah pegunungan yang jauh dari keramaian kota kehidupan masyakatnya tidak jauh berbeda dengan daerah-daerah lainnya.
Stratifikasi Sosial
Setiap masyarakat senantiasa mempunyai penghargaan tertentu terhadap hal-hal tertentu dalam masyarakat yang bersangkutan.
Penghargaan yang lebih tinggi terhadap hal-hal tertentu, akan menempatkan hal tersebut pada kedudukan yang lebih tinggi dari hal-hal lainnya. Secara teoritis, semua manusia dapat dianggap sederajat. Akan tetapi, sesuai dengan kenyataan hidup kelompok-kelompok sosial, halnya tidaklah demikian. Pembedaan atas lapisan merupakan gejala yang universal sebagai bagian sistem sosial setiap masyarakat. Ukuran atau kriteria yang bisa dipakai untuk menggolong-golongkan anggota-anggota masyarakat ke dalam suatu lapisan yaitu ukuran kekayaan, ukuran kekuasaan, ukuran kehormatan, dan ukuran ilmu pengetahuan.
Di daerah ini, penggolongan masyarakat cenderung menggunakan ukuran kekayaan dan kepandaian.
µ       Ukuran kekayaan
Siapa yang memiliki banyak harta disegani oleh masyarakat. Berdasarkan kriteria ekonomi masyarakat bisa dibagi menjadi masyarakat lapisan atas, menengah dan bawah. Mereka yang berada di lapisan atas yaitu mereka yang memiliki banyak harta, pengusaha, dokter, bidan, tokoh/ kader politik, PNS dan pemuka agama. Mereka yang berada di lapisan menengah yaitu petani, pedagang, sopir, karyawan kantor/swasta, guru swasta, tukang kayu, tukang bangunan. Mereka yang berada di lapisan bawah yaitu para buruh, pembantu rumah tangga, penambang pasir.
µ       Ukuran Ilmu pengetahuan/ Pendidikan
Siapa yang pandai dianggap memiliki kharismatik tersendiri. Golongan orang-orang tua (orang – orang pintar)  memegang peranan penting didasarkan pada tradisi yang kuat.
µ       Ukuran Kekuasaan
Secara administratif kekuasaan tertinggi daerah dipegang oleh kepala desa, sehingga kepala desa menempati lapisan atas bersamaan dengan para perangkat desa lainnya. Lapisan menengah ditempati oleh para sesepuh desa. Sedangkan masyarakat umum menempati lapisan bawah.
µ       Ukuran Kehormatan
Lapisan atas ditempati oleh para aparat desa, orang-orang kaya dan orang yang memiliki kharismatik (sesepuh, tokoh politik, ustad-ustadzah). Sedangkan lapisan menengah ditempati oleh masyarakat biasa golongan menengah . Sedangkan lapisan bawah ditempati oleh para buruh, keluarga kurang mampu, dan lainnya.
a.       Sifat stratifikasi
Berlandaskan uraian di atas stratifikasi sosial dalam masyarakat bersifat terbuka. Dimana memberikan kesempatan kepada semua orang untuk dapat meningkatkan statusnya karena kemampuan dan usaha mereka ataupun turun statusnya ke lapisan bawah karena ketidakberuntungannya.
Diferensiasi Sosial
µ       Suku bangsa
Mayoritas penduduk di daerah saya tinggal suku jawa. Ada beberapa suku pendatang, misalnya dari Ambon, Bali, dan Sunda.
µ       Jenis kelamin/ gender
Tidak ada perlakuan khusus antara laki-laki dan perempuan, baik laki-laki ataupun perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam berbagai bidang kehidupan. Misalnya, dari sisi pendidikan, tidak ada syarat khusus yang mendiskriditkan antara laki-laki dan perempuan. Selain itu juga dalam bidang pertanian sudah ada spesifikasi pekerjaan antara laki-laki dan perempuan, antara lain untuk urusan cangkul-menyangkul diserahkan pada laki-laki, urusan tanam-menanam diserahkan pada perempuan, ada juga beberapa urusan pertanian yang dikerjakan bersama-sama yaitu saat matun.
µ       Agama
Agama mayoritas yang dianut penduduk adalah agama islam. Selain islam agama yang dianut adalah Kristen dan Buddha. Dalam sehari-hari terjalin kehidupan yang selaras, serasi, aman dan nyaman karena masing-masing pemeluk agama saling menghargai satu sama lain, tidak ada perlakuan khusus antara sesame.
µ       Klan
Garis keturunan bersifat bilateral, yaitu memperhitungkan garis keturunan ayah dan ibu bersama-sama.
µ       Pekerjaan
Sebagian besar penduduk bekerja pada sektor pertanian, baik sebagai petani ataupun buruh. Pekerjaan lain yang ada yaitu karyawan, PNS, dokter, guru, pedagang, pengrajin kayu, tukang, dan lainnya. Walaupun demikian antara pekerjaan satu dengan pekerjaan lain dimata warga dinilai sama, tidak ada yang mendiskriminasikan antara pekerja satu dengan pekerja lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar